Kopi baik untuk kesehatan

Kopi Tidak Selamanya Merugikan

Secara tidak sengaja penulis menemukan artikel tentang kebiasaan minum kopi dari situs detik.com, ternyata mengkonsumsi kopi dengan tidak berlebihan tidak selamanya merugikan. Berikut artikel yang ditulis oleh wartawan detik Vera Farah Bararah.

Kopi dikenal lebih banyak efek negatifnya seperti ketergantungan dan meningkatkan serangan stroke akibat kerusakan pada dinding pembuluh darah. Jangan antipati dulu, jika diminum sesuai porsinya, kopi juga memiliki nilai plus-plus.

Kopi selalu identik dengan kafein. Kafein adalah senyawa kimia alkaloid atau yang lebih dikenal dengan trimetilsantin yang terkandung di dalam kopi sebanyak 1-1,5%.

Kerja kafein adalah mengambil alih reseptor adenosin (salah satu sel saraf dalam otak yang bisa membuat seseorang cepat tertidur) sehingga akan memacu produksi hormon adrenalin, dan akibatnya tidak merasa kantuk.

Dilansir dari Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry, Jumat (10/7/2009) kopi memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna bagi tubuh. Kopi sebagai pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit pada dosis kafein yang rendah, memunculkan perasaan segar, sedikit gembira, dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang menghasilkan energi ekstra.

Berdasarkan penelitian di Amerika didapat bahwa kopi bisa mengurangi risiko terkena kanker hati, usus, diabetes tipe II dan  parkinson.

Kopi juga mengandung zat antioksidan yang dapat membantu atau menangkal radikal-radikal bebas berbahaya bagi tubuh. Kopi yang diminum tidak harus kopi keras, kopi tanpa kafein pun (decaffein) juga memberikan zat antioksidan dalam jumlah yang sama. Selain bermanfaat ternyata kopi memiliki efek ketergantungan, sehingga jika tidak dikontrol dengan baik akan menimbulkan kerugian untuk diri sendiri.

Meminum kopi secara berlebihan dapat meningkatkan serangan stroke akibat kerusakan pada dinding pembuluh darah. Pada wanita hamil dapat meningkatkan denyut jantung, menyerang plasenta, masuk kedalam sirkulasi darah dan yang lebih parah bisa menyebabkan kematian.

Tapi minum kopi dalam jumlah yang sedang tidak membahayakan, malah bisa memberikan kita manfaat. Jumlah yang diperbolehkan untuk dikonsumsi adalah 300 mg kafein atau setara dengan 3 cangkir kopi perhari.

Sesorang dikatakan sudah kecanduan jika mengkonsumsi lebih dari 600 mg kafein atau setara dengan 5-6 cangkir kopi per hari. Dosis yang paling berbahaya adalah 10 gr kafein atau setara dengan 20-50 cangkir kopi per hari. Jika ingin mendapatkan manfaat dari minum kopi, jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya. Karena bukan manfaat yang akan didapatkan melainkan dampak buruknya.

Hal yang tak kalah penting adalah jangan menikmati kopi sambil merokok, karena pengaruh buruk dari nikotin akan menghilangkan manfaat dari kopi itu sendiri.

3 comments

  1. Zul, anda menyapa saya dengan Endang-F1, sebenarnya cukup Endang saja, F1 adalah karena saya selain penikmat kopi juga penggemar Formula 1 Racing. Saya kira soal merokok itu memang benar, sebab saya sendiri menduga saya sejauh ini tidak terpengaruh efek negatif kafein karena saya tidak merokok.
    Saya sangat senang bisa berkenalan sesama blogger yang menulis tentang kopi. Salam coffee lover.
    Wassalam

    1. Mohon maaf saya salah menulis nama. Selanjutnya saya akan menyebut Endang saja. Saya rasa kopi dan lainnya boleh2 saja dinikmati asal tidak berlebihan.

      Salam coffee lover!

  2. Salam coffee lover …. saking enanya minum Kopi Grp Jazz Manhattan Transfer pun bernyanyi .. ” I Love Cofee , I Love Tea ….. “

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s