Out of Box

Siapkan Kopi Anda Dengan French Press

French Press pertamakali dipopulerkan di Perancis pada akhir abad ke-19. Alat ini pertamakali dipatenkan oleh desainer Italy Attilio Calimani pada tahun 1929. Nama lain dari French Press ada berbagai macam antara lain: press pot, coffee press, coffee plunger. Di Inggris dan Belanda alat ini disebut sebagai cafetiere atau сafetière à piston. Sebuah kata dalam bahasa Perancis yang berarti coffee maker atau pot.

Out of Box

Ada banyak merek Coffee Plunger dipasaran dan harganya pun bervariasi dari yang murah (puluhan ribu) sampai yang sangat mahal (ratusan ribu). Pastinya harga tidak bohong dan menunjukan kualitas. Coffee Plunger yang saya coba ini mereknya HETAI buatan Cina.

Dari gambarnyanya sudah terlihat bahwa harganya termasuk yang murah. Ketebalan metal plat nya sedang-sedang saja dan mirip seperti stainless steel. Bagian dalam dari tutupnya terbuat dari bahan plastic tahan panas dan dibungkus dengan bahan metal bebentuk cembung.

Out-of-box

Peyeduhan dan Penyajian

Ritual pertama yang dilakukan untuk menyiapkan Kopi Susu (coffee late) ini adalah memasukkan bubuk kopi sesuai selera (1-1 1/2 sendok teh). Agar diperhatikan perbandingan antara kopi dan airnya sebaiknya agar seimbang. Tidak ada standar khusus, hanya disesuiakan dengan selera saja. Yang penting hasilnya jangan terlalu encer dan jangan terlalu pekat.

Masukan kopi 1 sendok teh

Kedua, masukan air panas kedalam Gelas sesuai selera. Kopi yang terlalu encer tentu saja kurang nikmat, sebaliknya terlau kental juga rasanya menjadi terlau pahit (strong). Kali ini saya membuat takaran untuk satu sendok teh kopi dicampur degan kurang lebih 200 ml air panas. Suhu panasnya sekitar 90 derajat (jangan air mendidih langsung dituang).

Tuangkan air panas

Ketiga, campuran kopi dan air panas diaduk hingga rata dengnan sedok. Selesai mengaduk jangan langsung dituang kedalam cangkir. Tunggu hingga 3 menit agar proses pencampuran air panas dan sari kopinya (brewing) berjalan sempurna. Langkah ini tertulis dalam manual yang terdapat pada kotak kemasan.

Aduk hingga rata

Keempat, masukan alat penekan (plunger) kedalam tabung gelas yang berisi kopi dan tekan secara perlahan. Agar lebih higienis, pastikan Plungernya sudah bersih. Biasanya kalau barang baru dibuka dari kemasan harus dibersihkan terlebih dahulu. Plunger ini akan menyaring ampas kopi pada saat anda menuangkan kopi kedalam cangkir.

Tekan dengan plunger

Kelima, Siapkan cangkir porselen dan tuangkan kopi kedalamnya. Cangkir porselen lebih enak dipakai buat minum kopi atau teh, konon material porselen tersebut dapat menyimpan panas lebih baik. Sehingga kopi atau teh suhunya menjadi hangat lebih lama.

uang dalam cangkir porselen

Keenam, campurkan kopi dengan susu (creamer) secukupnya. Kopi yang terlalu manis bisa mengurangi kenikmatan aroma kopinya. Sebagian orang Indonesia umumnya terbiasa minum kopi yang manis. Demikian juga untuk jenis masakan lebih suka yang asin dan pedas. Kalau sudah bicara soal selera saya persilahkan anda menentukannya sendiri, sesuai dengan kesukaan masing-masing.

Tambahkan susu (creamer)

 

Ketujuh, aduk lagi kopi susu anda dengan sendok sampai rata. Jangan biarkan susu (creamer)masih tersisa dan mengendap di dasar cangkir. Perhatikan tekstur dan pola yang tampak diatas permukaan kopi. Terlihat pada gambar sangat mengundang selera kan ?

Tekstur dan pola gambar

Kedelapan, sekarang anda sudah siap menikmati kopi di ruang tamu ditemani bacaan Koran atau Novel favorit. Agar terasa lebih nikmat temani minum kopi anda dengan panganan ringan seperti biskuit coklat atau roti bakar.

Nikmati kopi anda

Tips:

  1. Pastikan setiapa kali sebelum membuat kopi anda sudah yakin bahwa perlengkapan French Press anda sudah bersih (higienis).
  2. Sebelum menyeduh air dalam wajan, sebaiknya air tersebut sudah disaring (filterized). Biasanya air ledeng yang  kita masak dirumah masih terkandung zat chlorine. Kalau bisa anda dapat membeli air kemasan diwarung, rasakan perbedaanya kalau menggunakan air biasa dengan air kemasan.
  3. Bagi yang rentan dengan masalah kolesterol, sebaiknya pada saat menuang kopi ke dalam cangkir gunakan filter kopi (kertas tisu). Menurut para ahli kandungan minyak kopi (cafestol dan kahweol) dapat menaikan kadar kolesterol jahat (LDL). Dengan menggunakan filter kopi zat-zat ini bisa tersaring. Sementara zat cafein dalam kopi sendiri tidak menyebabkan kenaikan kolesterol.

7 comments

  1. Zul, coffeemaker dirumah saya yang sistemnya air mendidih terdestilasi dan menetes ketempat kopi dan tersaring lalu air kopi menetes kebawah. Coffeemaker seperti ini juga bervariasi harganya, yang ada dirumah saya yang tidak mahal, sampai2 saya mikir jangan2 makanya enakan kopi tubruk biasa karena coffeemaker saya bukan yang kualitas tinggi.

    Salam

  2. Saya menduga coffee maker punya ibu namanya coffee drip atau jenis lain yaitu syphone. Kalau melihat harga dan cara penggunaan, coffee drip biasanya lebih murah dan lebih mudah. Mengenai kualitas, saya rasa setiap pabrik sudah membuat dengan standar minimal.Akhirnya memang kembali pada selera dan kebiasaan menikmati kopi masing2.

    Salam Kopi

  3. Ya betul, dilihat dari cara mengoperasikannya keliatannya itu memang sejenis syphone, tapi etiketnya ya cuma bilang coffeemaker gitu. Saya merasa kopi cara tubruk lebih sedap mungkin memang bukan karena coffeemaker nya yg kurang mahal, barangkali karena lidah saya yang ‘tradisionil” ya (itu istilah keren dari “ndeso”).

    Salam coffeelover

    1. Oke lah bu Endang, apapun kopinya rasanya lebih enak cara kopi-tubruk ya. By the way, saya sudah baca posting dan lihat foto-fotonya yang di Bali. Kompak juga ya… semuanya ibu-ibu.

      Salam coffee lover

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s