The history of Aunty Li Kopitiam

Aunty Li Kopitiam

Menyambung tulisan saya mengenai perkembangan daerah Serpong dengan BSD City-nya, saya ingin berbagi kepada pembaca soal pengalaman menikmati kopi di salah satu café yang cukup dikenal, yaitu Aunty Li Kopitiam. Café ini hanya memiliki dua kedai/gerai di daerah Serpong. Pertama di Ruko Tol Boulevard Blok F No. 3 Jl. Pahlawan Seribu, BSC City, Serpong dan satu lagi kedainya di Teraskota Mall Lantai Dasar Unit G-21, Lobby Hotel Santika, Jl. Pahlawan Seribu, BSC City. Sejauh ini belum ada cabang lain di Jabodetabek.

Kedai Aunty Li Kopitian @ Teraskota BSD City

Saya pernah mendengar nama Aunty Li Kopitiam atau Kopitiam Aunty Li dari berbagai macam sumber. Dan sebagai penikmat kopi, ada rasa penasaran yang menyelimuti hati dan menimbulkan hasrat atau keinginan untuk mampir kesana. Akhirnya keinginan itu terlaksana juga ketika saya jalan-jalan weekend bersama keluarga ke BSD City. Pucuk di cinta ulam pun tiba, begitulah pepatah Melayu.

The history of Aunty Li Kopitiam

Setelah mengarahkan kendaraan ke Teraskota, saya sudah berada tepat di depan kedai kopi tersebut. Kesan pertama begitu melihat kedai Aunty Li ini, suasananya membawa ingatan saya ketika berada di Singapura. Di Suntec City Singapura kita bisa menemukan banyak kedai kopi atau kafe dengan sebutan Kopitiam. Desain kedai dan suasana  Aunty Li Kopitiam di Teraskota ini setidaknya menguatkan kesan saya tersebut. Terlebih ketika masuk kedalam dan duduk sambil memesan “Kopi O panas” kepada Baristanya. Selain saya masih ada beberapa orang yang datang dan mereka berbicara dalam bahasa Inggris dengan aksen Singapura (Singlish). Ada juga tamu lain yang berbicara dalam bahasa Mandarin. Dari sini saya mengira Kopitiam ini adalah cabang salah satu Kopitiam dari Singapura. Dan ketika saya ngobrol dengan Barista, ternyata perkiraan saya salah. Kopitiam ini asli 100% pertama kali berada di BSD Serpong. Dan pendirinya pun Aunty Li adalah seorang peranakan Tionghoa yang berasal dari Riau. Sekarang sang pendiri sudah tidak ada dan usaha ini diteruskan oleh ahli warisnya.

Langit-langit di kedai Aunty Li Kopitiam

Kebanyakan kedai kopi atau café di kota-kota besar di Indonesia memiliki servis dan pelayanan yang hampir sama. Misalnya setiap kedai kopi yang menjual kopi, mereka juga menjual makanan. Bukan cuma makanan ringan sebagai teman minum kopi, tetapi ada juga makanan lain seperti layaknya menu-menu di restoran. Jadi Café yang banyak berkembang saat ini adalah café sekaligus restoran. Dan untuk pelayanan kepada pelanggan pun hampir sama. Mulai dari menyambut pelanggan dengan dan mendatangi meja pelanggan, kemudian mencatat pesanan. Catatan tersebut dilanjutkan kepada Barista atau Chef di dapur untuk dibuatkan sesuai pesanan. Dan ketika saat penyajian, pramusaji yang datang mengantarkannya ke meja pelanggan. Cara pelayanan seperti ini sangat jauh berbeda dengan yang ada di café asal negeri Paman Sam (Starbukcs Coffee). Di Starbucks pelanggan diharuskan mengikuti prosedur yang lumayan berbeda dengan cafe-cafe lain, mulai dari cara memesan minuman sampai kepda cara penyajian. Singkatnya pelanggan harus lebih aktif karena didalam SOP nya pelanggan yang harus melakukan self service.

Semua makanan dan minuman disini punya rasa yang khas

Di Aunty Li Kopitiam kita bisa menikmati menu-menu makanan yang sebenarnya tidak asing bagi lidah orang Indonesia, khusunya dari suku Melayu. Menu seperti nasi lemak disebut sebagai menu Nasi Dagang, kemudian juga ada menu Lontong Melayu Special, Rotibakar Srikaya dan masih banyak lagi menu yang lain. Salah satu menu favorit di kedai ini adalah Mi Kacang.

Bangku dan meja disiapkan juga diluar

Sedangkan minuman kopinya dibedakan ada panas dan dingin. Untuk minuman kopi panas, pelanggan yang mencapurkan sendiri gulanya. Sementara minuman kopi dingin sudah disajikan dengan rasa manis.

-zt-

Depok, 15 Februari 2011

2 comments

  1. Saya baru hari Sabtu kemarin (21/5/11) ngopi di Aunty Li. Ternyata lokasinya berseberangan sama Bengawan Solo Coffee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s