logo7eleven

Killing Time @ 7Eleven Matraman

Menunggu adalah pekerjaan yang sangat membosankan, tidak ada pekerjaan yang paling menjemukan selain menunggu. Menunggu apapun pastinya membuang waktu dan sangat jauh dari kata pepatah waktu adalah uang. Menunggu yang mungkin agak menyenangkah adalah menunggu waktu gajian atau menunggu mendapatkan hadiah undian (bisa ya bisa tidak).

Seperti di sore ini sekitar jam 5.46 WIB saya sedang menunggu waktu kuliah yang jadwalnya masih sekitar satu jam lagi. Semetara saya sudah berada di Salemba tempat dimana saya akan mengikuti perkuliahan pasca sarjana. Daripada bengong tidak karuan lebih baik saya datang ke 7Eleven. Mumpung belum pernah datang dan sekalain mau cari sesuatu buat makan malam supaya tidak keroncongan waktu kuliah, maka saya langkah kaki ke perempatan Matraman menyambangi toko yang cukup terkenal ini. Pembaca mungkin sudah lama akrab dengan nama ini, tapi saya kira tidak sedikit juga mereka yang belum tau apa itu 7Eleven.

View Dari Lantai Dua

7Eleven adalah toko retail/kelontong yang berasal dari Amerika dan dalam perjalanannya perusahaan toko kelontong ini dibeli semua sahamnya oleh Seven & I Holdings Co dari Jepang. Toko ini sudah membuka cabang di beberapa negara terutama Amerika, Asia dan Australia. Konsep tokonya adalah convenient store yang menyediakan berbagai produk makanan dan minuman. Jangan coba mencari detergen atau obat nyamuk disini anda tidak akan mendapatkannya. Berbeda dengan toko 7Eleven dinegara lain, toko-toko 7Eleven disana menyediakan aneka keperluan yang mirip sekali dengan toko minimarket Alfa atau Indomaret. 7Eleven bukan tidak mau menyediakan produk seperti di Alfa dan Indomaret, tetapi lebih disebabkan oleh peraturan dan perijinan yang membatasi. Kepemilikan saham asing tidak diperbolehkan untuk beroperasi dibisnis minimarket. Kenapa toko ini bernama 7Eleven ? jawabnya adalah karena toko ini buka dari jam 7 pagi sampai jam 11 malam.

Self Service Semua Minuman

Saya tidak berkepentingan dengan bisnis 7Eleven ataupun peraturan yang berlaku bagi toko retail asing. Kepentingan saya adalah membeli dan meninkmati aneka makan minuman yang ditawarkan.  Setelah masuk ke toko ini terasa suasana nyaman dengan ruangan yang luas dan berpendingin AC. Setelah memesan satu medium Teh Tarik dan dua potong roti, saya langsung menuju lantai dua. Petugas memberitahu bahwa dilantai dua tersedia meja kursi buat menyantap makanan dan disediakan juga akses internet Wi-fi gratis. Wah kebetulan saya membawa netbook jadi tambah lengkap killing time di sini.

Dilantai dua ternyata sudah banyak anak-anak muda yang berkumpul dan bercengkrama dengan teman sebaya. Rupanya mereka sudah berpengalaman nongkrong di 7Eleven ini. Walaupun suasana dilantai dua tidak senyaman di lantai satu saya merasakan suasana santai. Sayang waktu itu saya tidak bersama teman nongkrong jadi tidak ada yang bisa diajak ngobrol. Untung masih ada netbook jadi saya tulis saja blog ini sambil menikmati roti dan teh tarik hangat.

Coffee Grinder BUNN G9-Series

Sama seperti toko minimarket/swalayan, di 7Eleven anda melayani sendiri ketika berbelanja. Anda melayani sendiri dalam mengambil minuman ringan dan makanan di rak-rak yang tersedia. Yang tidak biasa adalah anda dalam membuat minuman teh dan kopi. Disini anda tinggal memilih aneka teh dan menuangnya dengan air hangat. Begitu juga dengan kopi, anda bisa menekan tombol untuk menggiling biji kopi sendiri atau langsung menuang kopi standar yang tersedia. Kemudian mencampur kopi tadi dengan aneka sirup atau pemanis gula pasir, gula coklat (brown sugar),  dan pemanis buatan rendah kalori serta kreamer. Produk khas 7Eleven adalah Slurpee sejenis minuman dingin dan Big Gulp sejenis minuman ringan ukuran besar. Pada saat tulisan ini dibuat sedang ada paket promo Rp. 15.000,- for Breakfast. Paketnya terdiri dari satu cup ukuran kecil (small) minuman hangat apa saja ditambah dua ptong roti. Kalau tidak sedang promo harga rotinya saja Rp. 6.000,-/potong dan minuman ukuran small cup Rp. 8.500,-

Coffee and Tea Maker

Kekurangna dari toko 7Eleven di Matraman ini adalah ketersedian Toliet yang terbatas dan ruang dilantai dua yang terlalu terbuka dan tidak ber AC. Suasana bising dari kemacetan kendaraan dijalan raya terdengar kurang nyaman dan sedikit tercium bau asap  knalpot. Mungkin suasana ini sengaja dibuat demikian, sebab para pengunjung yang kebanyakan anak muda ini adalah perokok. Tidak mungkin bagi mereka merokok di dalam ruang ber AC seperti yang ada di lantai satu.

Paket Breakfast Satu Cup Kecil Hot Drinks+Dua Potong Roti

Alternatif lain, di 7Eleven Matraman pengunjung dapat menikmati santapan di teras luar dibawah tenda (payung besar) yang disediakan. Dan tampaknya nongrong diluar bersama teman-teman terasa lebih cozy dan cool.

-zt-

Jakarta, 4 Maret 2011

5 comments

  1. Thanks infonya, saya sudah pernaj kesaana sekali. Lumayan ada fasilitas hot spot buat internetan, tapi harga makan minumnya msh kemahalan tuh hehehe

  2. Ini tongkrongan ABG gaul jaman sekarang…
    Pernah baca di kaskus, lupa di 7Eleven mana, ada karyawannya yg naruh hp berkamera dlm keadaan merekam di toilet perempuan.

    1. Wah masa sih ? kalau benar karyawan itu merekam di toilet perempuan, itu sama aja pelecehan. Semoga aja tidak benar…

  3. hihi..baru tau 7eleven setelah nyasar di blog ini. Kemarin kirain 7eleven tuh nama boyband..wkwkwk.. parah parah -___-

    tapi kayaknya yg kayak ginian belum ada di makassar ya?😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s