Menu spesial @ GokTong Coffee

GOKTONG Coffee

Dari sekian banyak kedai kopi mungkin hanya GokTong Coffee yang untuk saat ini menawarkan minuman kopi dengan harga relative murah. Dengan konsep pelayanan dan sajian menu yang ditujukan bagi semua kalangan, kedai yang baru beberapa bulan membuka kedainya di food mall Stasiun kereta Sudirman ini mencoba peruntungan di pasar penikmat kopi. Gok Tong artinya selalu penuh, jadi kedai GokTong Coffee diharapkan akan selalu ramai dikunjungi oleh penikmat kopi. Dan bagi penggila kopi tentu bisa menyelami dan berdiskusi soal perkopian dengan sang owner Jefri Budianto.

GokTong kopi adalah brand baru yang meramaikan pasar minuman kopi siap saji. Dalam waktu dekat Jefri Budianto dan partnernya berencana akan membuka kedai lagi di beberapa tempat seperti mall, perkantoran dan kampus. Kalau tidak ada halangan GokTong akan hadir di kampus Universitas Indonesia Depok. Tapi sampai tulisan ini dibuat rencana tersebut masih dalam pematangan.

Pelanggan dapat menikmati kopi di GokTong dengan racikan kopi robusta. Sekali-kali kalau ada pelanggan yang minta dicampur dengan kopi arabica atau bahkan full arabica, tentu GokTong dengan senang hati melayaninya. Menurut Jefri Budianto mayoritas penggemar kopi di tanah air adalah penyuka kopi jenis robusta. Jadi GokTong mempunyai standar menyajikan kopi dari jenis robusta. Menurut Jefri Budianto, biji kopi didatangkan langsung dari propinsi Lampung. Jefri sendiri yang mencari biji kopi dari petani dan langsung menggorengya dilokasi.

Mesin press kopi manual

Kegiatan hunting biji kopi ini menjadi kegiatan Jefri yang lain diantara kesibukannya yang cukup padat, menurut sang owner ini demi kepuasan pelanggan. Jefri Budianto sendiri adalah seorang karyawan  swasta yang dibantu oleh satu orang partner bisnis dan satu orang karyawan. Seringkali Jefri Budianto mengawasi langsung kedainya terutama pada jam-jam sibuk pengunjung seperti dipagi atau sore hari, dimana pada jam tersebut Stasiun Sudirman banyak didatangai calon penumpang. Sambil menunggu jadwal keberangkatan, para penumpang yang menjadi penikmat kopi biasanya akan memesan minuman di GokTong Coffee. Sejauh ini sambutan para pelanggan cukup positif.

Pembuatan espresso

Tidak seperti kedai kopi di mall atau Warkop (warung kopi) lain, di GokTong Kopi mereka menggunakan mesin manual dalam membuat minuman kopi. Namanya mesin Presso buatan Itali, alat ini sangat mudah dalam pengoperasiannya dan hemat energi karena tidak mengambil tenaga listrik sama sekali. Yang diperlukan seorang Barista dalam mengoperasikan alat ini adalah pemahaman tentang prinsip dan citarasa kopi serta komposisi, Caramel, Vanilla, Moca, Susu dan Coklat harus sesuai dengan standard yang sudah dibuat oleh owner atau penciptanya (Jeffri Budianto). Artinya seorang Barista harus paham dengan tekstur kopi dan bahan lain bila dicampur akan menghasilkan citarasa yang sama sesuai dengan yang diciptakan oleh owner. Karyawan/ Barista sebelum melakukan pembuatan kopi, mereka harus diberikan pelatihan/ training tentang pemahaman kopi dan cara pencampurannya untuk menghasilkan rasa yang sama setiap menu yang disajikan. Alat ini diklaim sebagai alat yang konsisten dalam menghasilkan satu shot espresso yang merupakan sebagai standard dasar  untuk menu lain, dengan pencampuran yang sesuai dengan komposisi yang sudah diciptakan oleh si owner. Alasannya tekanan mesin dengan menggunakan tangan adalah sekitar 8-9 bar tidak akan berubah untuk tekanan berikutnya. Mesin manual ini dirancang cukup kuat dan presisi dalam setiap proses penekanan, ditambah dengan naluri dan perasaan sang Barista. Kekurangan dari alat ini adalah tidak bisa disajikan sekaligus 2 (dua) gelas atau lebih langsung dalam waktu bersamaan seperti mesin –mesin espresso yang menggunakan tenaga listrik (mesin elektrik). Mesin ini membutuhkan waktu untuk  menghasilkan single espresso selama kurang lebih 45 detik serta takaran air yang sesuai agar menghasilkan espresso yang citarasanya sempurna. Jadi solusi untuk  mengerjakan order yang banyak maka kedai harus menyediakan mesin Presso lebih dari satu ditambah operatornya, tapi untuk rasa yang dihasilkan oleh mesin dan komposisi racikan yang diciptakan oleh Jeffri Budianto bisa dicoba dan dibandingkan dengan kopi-kopi yang saat ini sudah ada.

Menu spesial @ GokTong Coffee

Harga di GokTong Coffee termasuk murah dan sebanding dengan citarasa yang ditawarkan. Satu cangkir Black Coffee dijual dengan harga Rp. 6.000,- sementara harga tertinggi adalah Rp. 8.000,- untuk coffee caramel, coffee vanilla, cofe moca, cafe Latte serta menu-menu yang disajikan dengan dingin/es. Menu kopi yang spesial dari GokTong Coffee adalah ” Dancing Tongue Coffee” dan ”Traditional Coffee”. Dancing Tongue adalah minum kopi yang disajikan dengan menambahkan caramel disekeliling bibir cangkir atau mug, sehingga peminum kopi harus menjilati caramel tersebut berputar mengelilingi bibir cangkir. Menurut Jefri, lidah seolah-olah sedang menari-nari ketika kita sedang menjilat caramel tersebut. Sementara Traditional coffee adalah kopi biasa yang dicampur dengan aroma herbal seperti jahe dan herbal lain.

Untuk melengkapi acara minum kopi di GokTong Coffee, disini disediakan aneka makanan ringan seperti roti mini, pastel, lumpia dan lain-lain. Harganya pun relatif sangat murah, hanya Rp. 2.000,- per potong. Agaknya dengan keunggulan citarasa dan harga yang terjangkau, Jefri Budianto ingin memberi kesempatan dan image kepada penikmat kopi, bahwa minum kopi enak tidak harus mahal.

-zt-

Depok, 11 Maret 2011

9 comments

  1. Saya sering naik kereta di stasiun ini, tp ngga perhatiin adanya kedai kopi ini. Besok2 boleh juga nyicipi Dancing tongue di Goktong Coffee.

  2. Wah, saya langsung niat banget nih, nanti kalo saya ke Jakarta lagi saya akan mencobanya.
    Trima kasih informasinya ya.

  3. Sorry Pak, sedikit koreksi untuk mesin Presso ini, sepertinya bukan buatan Italy
    karena kalau menurut webnya itu berasal dari UK-Inggris. (www.presso.co.uk atau versi indonya http://www.indopresso.com)
    Kalau mesin buatan Italy itu seperti moka pot Bialetti.
    Thanks😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s