Referensi buat penikmat kopi

Seni Meracik Kopi

Barista tentunya harus menguasai menu racikan berbagai minuman kopi. Tapi bagi para penikmat kopi, buku ini bisa dijadikan referensi untuk mencoba kebolehan dalam menyiapkan minuman kopi sekaligus pengisi waktu luang.

Buku dengan judul ”Barista Seni Meracik Kopi” yang ditulis oleh Teuku Mirza, cetakan pertama tahun 2009 uang diterbikan oleh penerbit KATA BUKU. Banyak ragam resep minuman kopi yang diberikan mulai dari hot beverages sampai yang cold beverages (sang penulis buku menyebutnya Hot Coffee Bean dan Cold Coffee Bean). Buku ini bukan hanya berisi daftar menu minuman panas dan dingin. Didalamnya terdapat berbagai ilustrasi yang tampaknya seperti ilustrasi iklan kopi tempo dulu yang menghiasi media cetak di Amerika.

Referensi buat penikmat kopi

Kalau melihat desain covernya memang terlihat kurang menarik. Tapi kita seharusnya ingat kata pepatah Don’t Judge the Book from It’s Cover. Isi buku ini sangat menarik dan bisa memberikan pengalaman bereksperimen dalam meracik minuman kopi. Dan kita bisa membaca beberapa kutipan dari orang-orang terkenal mengenai kebiasaan dan kesan dalam menikmati minuman kopi.

Buku ini tidak memberikan informasi tentang manfaat dan mudarat atau efek samping setelah mengkonsumsi kopi. Karena sesuai dengan judulnya, penulis mengajak pembacanya untuk mencoba mempraktekkan menu minuman yang berneka ragam. Secara keseluruhan penulis menyajikan 49 resep untuk hot beverages dan 39 resep untuk cold beverages.

Saya sendiri sudah bereksperimen membuat minuman kopi sendiri dan pernah juga saya sampaikan melalui blog ini “Meracik Sendiri Kopi Ala Barista: Cinnamon Aroma Coffee” . Karena terinspirasi dari buku tersebut jadilah sebuah resep kopi yang share buat pembaca.

Nah sekarang pilihan ada ditangan anda. Apakah anda penasaran dan ingin langsung mencoba resep seperti didalam buku, atau anda tinggal datang ke cafe dan minta dibuatkan minuman seperti yang ada dalam buku tersebut. Itu juga kalau menu tersebut tersedia di cafe dan Baristanya mau mengerjakan. Dan bagi pemilik kedai kopi atau para profesional di dunia cafe, buku ini seharusnya menjadi bacaan wajib dan bisa menjadi referensi yang berharga.

-zt-

Jakarta, 21 Maret 2011

17 comments

  1. Cover-nya jadul ya.
    Saya ga bisa minum kopi, karena punya maag. Setiap minum langsung pusing & mual. Hehehehe.
    Saya udah masukin link-nya dengan nama ordinary people ya.
    TQ, semoga bisa berteman.

  2. Numpang dikit. Acidity bukan Acid. Kopi yang baik (dipetik pada kematangan yang cukup) TIDAK membuat perih, apalagi kalo sdh diaging. Sayangnya kopi yg beredar disini kopi yang kurang baik. Asam bukan karena acidity tapi belum matang.

  3. Pak Zuli,

    Bravo, tampilan webnya semakin cakep,…warna dasarnya sesuai dengan Intinya; HITAM sehitam kopi….Salut pak..

  4. mas’ taufik klo di luar indonesia sendiri buku ini bisa didapat dmana ..?
    soalnya saya tinggal di dubai, mungkin ada tempat di dubai buat mendapatkan buku ini.

  5. selamat malam Pak. kalau saya tertarik membeli bukunya . kira kira carinya di mana yah . Pak terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s