Logo Kontes Putri Kopi

Siapa Putri Kopi Indonesia 2011 ?

Kurang lebih tiga minggu lagi yang dimulai dari sekarang, kita akan mendapatkan seorang putri dari hasil kontes Putri Kopi Indonesia 2011. Kontes ini berbeda dari kontes kecantikan yang sudah ada seperti Putri Indonesia dan Miss Indonesia yang banyak menimbulkan pro dan kontra. Kontes Putri Kopi ini diharapkan tidak mengumbar aurat seperti kontes kecantikan yang sudah-sudah.

Logo Kontes Putri Kopi

Hajatan ini dimotori oleh pemerintah melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata bekerjasama dengan Yayasan Indonesia Kebanggaanku. Dan penyelenggaraannya akan di adakan di Jakarta pada tanggal 15-18 April 2011. Acaara puncak akan diadakan di Hotel Mulia Senayan. Menurut salah satu pejabat Kementerian yang dipimpin oleh Jero Wacik ini, maksud dari diadakannya Kontes Putri Kopi adalah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Kontes ini adalah salah satu program promosi pariwisata yang akan digelar untuk pertama kalinya di tahun 2011.

Brosur Kontes Putri Kopi Indonesia

Sejauh ini masih belum ada gambaran bagaimana kriteria yang tepat untuk menampilkan citra seorang Putri Kopi. Tetapi menurut salah seorang juri, Mien Uno mengatakan yang akan menjadi penilaian oleh tim juri bukan hanya dilihat dari fisik postur badan. Tetapi juga kepribadian,talenta, kecerdasan dan kemampuan berbahasa Inggris. Jadi dari segi penilaian oleh tim juri, kelihatannya penilaian ini kurang lebih sama dengan kriteria penilain pada kontes putri yang lain.

Keahlian dari para peserta mungkin bisa diusulkan untuk dinilai, bagaimana kemampuan peserta dalam meracik dan menyajikan minuman kopi. Serta kemampuan dalam mencium aroma kopi dan mendeskripsikan jenis kopi apa dan berasal dari daerah mana kopi tersebut. Jangan terlalu seriun ini cuma usul saya dan belum tentu diterima oleh Ibu Mien Uno.

 

Ibu Mien Uno: Juri Kontes Putri Kopi Indonesia 2011

Sebagai negara produsen nomor empat terbesar sesudah Brazil, Vietnam dan Colombia, Indonesia belum pernah menyelenggarakan kontes putri kopi. Pesan yang akan disampaikan dari kontes ini adalah untuk menimbulkan kesadaran publik bahwa melalui kopi dapat mempromosikan Indonesia di dunia internasional dan sekaligus mendorong pertumbuhan industri kopi di tanah air.

Diharapkan pariwisata Indonesian akan terangkat melalui daya tarik kopi dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.Jumlah peserta dari daerah yang akan mengikuti kontes ini berasal dari 14 propinsi, antara lain: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I. Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan dan Papua. Semuanya adalah daerah penghasil kopi di Indonesia kecuali DKI Jakarta. Pemenang dari kontes ini berhak mewakili kontes putri kopi tingkat dunia “World Queen of Coffee” yang akan diadakan di Colombia.

Pembaca sekalian, silahkan sampaikan pendapat atau harapan anda atas penyelenggaraan kontes Putri Kopi Indonesia melalui Blog ini. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi

Kepala Pusat Informasi Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI.

 

-zt-

Jakarta, 23 Maret 2011

8 comments

  1. Hubungan saya sama Pak Sandiaga Uno sama-sama cucu Adam dan Hawa he he he..🙂
    Itu foto waktu saya ikutan pelatihan kepribadian dikantor, yang mengajar salah satunya bu Mien Uno

  2. Utsss!,… berteman dengan selebriti, rupanya admin ordinary one juga masuk dalam jajaran kelompok celbriis sekarang. Selamat bozz! Bravo coffee, Bravo Ordinay One

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s