Bagaimana Membuat Susu Berbusa (froth milk) ?

Anda bisa membuat susu berbusa (froth milk) sebagai campuran dalam membuat cappucino dan memberikan sentuhan seni diatasnya. Ternyata mudah sekali cara membuatnya. Alat yang diperlukan adalah sebuah french press yang digerakan (dikocok) keatas-kebawah dengan kecepatan yang sesuai. Pertama panaskan susu sampai suhunya 65-70 derajat celsius. Kemudian masukkan kedalam frech press dan kocok susu tersebut dengan plunger keatas-kebawah sampai menimbulkan busa yang sesuai selera.

Video ini saya cuplik dari situs http://www.youtube.com

60 comments

  1. Ahaaa! Ini dia yang saya cari!😀

    Makasih, Mas Zul!😀
    Saya sungguh ingin mencoba membuat cappuccino sendiri, tapi apa daya alatnya tidak punya.😐
    Dengan ini, saya akan mencobanya!😀

  2. Udah saya coba, dan bisa!😀

    Nah, Mas Zul, sekarang, gimana caranya mengekstrak kopi untuk bahan kopi cappuccino?

    1. Ekstrak kopi atau disebut Espresso cara buatnya membutuhkan alat. Ada beberapa mesin/alat sbb: Mesin espresso, Presso dan Moka Pot. Diantara tiga alat itu yg paling murah Moka Pot. Rasanya agak sulit kalau tanpa mesin/alat dalam membuat espresso. Kira2 begitu kang Asop…

      1. Moka pot bisa dibeli di Sarang kopi atau di pertokoan Lindeteves Jl Hayam Wuruk Jakarta (umumnya buatan Cina). ACE hardware kayanya tdk menjual moka pot.

      2. Mas zul salam knl,,,kalo di indonesia mengomsumsi espresso di kasih gula ga….makasih .

      3. Menurut saya dimanapun orang tidak tambah gula ketika minum espresso. Kalaupun ada namanya bukan sepresso tapi picolo (espresso+susu+gula) dengan sukuran single atau double

  3. Mas Zuli, saya kadang2 dinas ke Jkt, saya tahu ada banyak coffee shop di Jkt dan saya biasanya menyempatkan diri mengunjunginya. Nah, saya ingin tahu dikafe mana saya bisa minum kopi turki yang masih pake ibrik tradisionil ?

    1. Coba ibu datang ke dua tempat sbb:

      Restoran Anatolia
      Jalan Kemang Raya No. 110A, Jakarta Selatan 12410
      Telp. 021- 719 4668

      Black Canyon Coffee
      Mall La Codefin
      Jl. Kemang Raya 8
      Jakarta Selatan
      Kemang
      Telp. 021-717 90489

  4. Baru nemu web page ini, dan baru nyoba frothing susu pake french press, setelah sekian lama pontang panting nyoba segala cara sampe hampir putus asa. And it really works! Yayy!! *tepuk tangan*
    Thanks bang zul, sekalian salam kenal.
    Btw saya mau inta nomor telpon tempat2 yg jual french press, moka pot, dan alat2 kopi manual seperti itu, bisa bang? Tolong dibantu ya bang.. *prok prok prok* hehe.. Many thanks bang zul!

    1. Salam kenal juga buat pak Komang di Bali. Tempat penjualan alat penyeduh kopi bisa dicoba di Starbukcs. Tempat lain bisa coba datang ke Ace Hardware (toko perlengkapan perkakas rumah) atau Sarang Kopi (CP: Pak Hendry Phone : 0813-9414-8272 Email : sarangkopi@hotmail.com). Kalau order lewat Blackberry samapi dengan 31 Juli bisa dapet diskon 15% (pin: 22FAE997)

    2. Saya juga mau ikutan keprok, pok pok pok. Horeee,..Alhamdulillah. Selamat buat bang Zul, juga Selamat buat blih Komang…

  5. OOOOOOOOOOOOO begitu rupanya caranya trims mas bro saya dari sebulan lalu cari cari caranya yang simple susah juga baru ketemu di blog sampean matur nuwun, tapi soal moka pot apa sampean juga tau harganya mas????

    1. Mas bagus harga French press bervariasi, ada yang murah harganya ada yang 40ribuan dan yang mahal bisa mencapai 500ribuan. French press mahal biasanya punya brand yang terkenal dan bahan materialnya juga lebih bagus…

    1. Adek Winie susunya bisa merk apa saja yang penting susu cair kemasan kotak (ukuran 1 liter seperti yang dijual toko swalayan). Selamat mencoba dan jangan lupa sharing terimakasih

  6. Salam sejahtera Maz… Oya Maz udah winie coba pake susu tsb n Hasilnya Bagus dr sebelum Dapet rekom dr Maz…
    Winie mau nanyak Lagi ni Maz,,,Knp ya winie pake Milk frother busanya malah gede2,,dmana salahnya ya Maz…Mohon Bantuannya lagi ya Maz.. trims

  7. kalau yang saya pakai biasanya menggunakan susu ultramilk.
    busanya bisa halus
    tergantung posisi dan cara kita mengatur posisinya.

    mau nyanya, belajar jadi barista dimana ya om?

      1. wahh infonya sangat menarikk terimakasih semua hehe😀 akan saya coba yg sederhananya😛 hehhehe

      2. Mas..mau.tnya.bikin.capocino.cincau.yg.enak.gmn.ya,campuran.apa.yg.lebih.banyak.supaya.pas.rasanya..thanks

      3. Kalau pakai Moka Pot, dan isi kopinya dengan yang sachet, yang isinya sudah jadi satu dengan gula, apakah rasanya akan berbeda bila dengan cara biasa, yaitu hanya disedu ? Terima kasih …

      4. Seharusnya kopi dalam container Moka Pot tidak ditambah kopi, sebab tujuannnya adalah membuat espresso. Memang hasilya tidak seperti espresso yang dibuat dengan mesin.

  8. Bos bos nanya donk handle frother/milk whisk yang bagus itu merk apa ya… ane cb beli yang harga standart .. koq foam nya g tralu halus ya..

    Tq

  9. Pengen buat, tp tanpa alat begtu ada kah cara.a misal blender atau mixer? Atau ada referensi lain?

  10. Saya sudah mencoba beberapa Kali, namun saya selalu gagal mebuat foam susunya. Foamnya halus namun padat, saat d ruang susu bagian bawah yang ketuang, sedangkan foamnya di akhir baru ketuang. Sedangkan di video2 saya liat foamnya nyampur ama susunya, jadi bagus. Ada trik untuk bkin foam susunya?? Mohon petunjuk.

    1. Coba setelah selesai mengocok susu sampai timbul busa susu dengan french press, selanjutnya di tuang ke dalam milk jug (mug susu terbuat dari metal). Sebelum dituang ke dalam kopi mug di hentak-hentakan diatas meja beberap kali agar foamnya menjadi padat. Berikutnya tuang susu ke dalam kopi secara perlahan. Tentu saja hasil foamnya tidak sebagus hasil steam wand. Demikian semoga bisa terjawab.

  11. kak zul kemarin saya praktek membuat cappuccino. utk pembuih susu saya pakai alat milk frother. setelah berbuih, sayang tuang di atas espresso, tapi susu langsung menyatu dgn espresso sampai gelas penuh. jadi tidal bisa di buat art.jatuhnya jadi seperti kopi susu. Itu knapa ya kak. yg salah susunya,espresso nya atau alatnya.hehehe terimakasih.

    1. Membuat art latte memang perlu latihan dan kesabaran (hehehe kaya barista beneran… :)) Coba terus mengulang jangan kapok. Buihnya harus banyak dan padat, makanya kita sering lihat seorabng barista suka menghentakan milk jug diatas meja supaya buih susunya menjadi padat sebelum dituang kedalam cangkir espresso. Demikian semoga terjawab

  12. Mantap ni mas zul, infonya bermanfaat banget
    ane mau buka coffee shop soalnye, cuma agak jauh mungkin ne mas, ane buka di Kalimantan Barat Pontianak hehehehe
    makasih skali lagi mas Zul

Leave a Reply

