Bagaimana Membuat Espresso Menggunakan Moka Pot ?

Seperti yang sudah saya sampaikan ke Kang Asop pada posting terdahulu, berikut video cara membuat espresso menggunakan Moka Pot. Lagi-lagi ternyata tidak sulit dan cukup mudah.

Pertama, siapkan Moka pot dan pisahkan bagian penampung air dengan wadah penampung kopi. Kemudian isi air pada penampung air dan ditutup dengan wadah kopi (wadah berlubang).

Kedua, taburkan bubuk kopi pada wadah kopi tadi.

Ketiga, tutup dan kencangkan dengan wadah penampung kopi diatasnya.

Keempat, jerang air yang ada dalam moka pot diatas kompor

Kelima, tunggu dalam beberapa saat akan keluar air kopi (spresso) pada wadah penampung kopi.

Catatan:

Pada tayangan video tersebut, anda harus menambahkan bubuk kopi lebih banyak dan perhatikan jumlah air. Kalau bisa timbang terlebih dahulu bubuk kopi kira-kira seberat 8-9 gram, sementara jumlah air tidak lebih dari 125 ml. Tujuannya agar dapat dihasilkan kopi yang pekat (espresso) walau tidak setara dengan espresso hasil dari menggunakan mesin espresso atau Presso (alat manual pembuat espresso).

8 comments

  1. Nah, Mas Zul, pengalaman saya, kalo dengan moka pot yg saya miliki, gak bisa pakai bubuk giling halus. Bisanya giling medium.😦
    Entah kenapa saat saya pakai bubuk giling halus, mungkin karena terlalu rapat jarak antara bubuknya, uap air gak bisa menembus kopi dan nggak ada sari kopi yang keluar.😐 Beda halnnya dengan ketika saya menggunakan bubuk giling medium, hanya dengan 7 menit saja saya merebusnya (dengan air panas dari dispenser) sudah menghasilkan banyak kopi.😐

    1. Betul sekali kang Asop. Giling halus biasanya buat bikin kopi Turki atau buat bikin espresso (tentu saja pake mesin espresso juga). Giling medium (cenderung kasar)nlebih cocok buat brewing kopi pake French Press atau Moka Pot.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s