Seperti Apa Cara yang Benar Memperlakukan Kopi?

Kebanyakan orang memilih ngopi untuk meredakan stres akibat kerjaan atau tugas-tugas kuliah. Sedemikian dekatnya kopi dalam kehidupan manusia, menjadikan sejumlah orang beranggapan minum kopi bisa menjadi cara untuk menghilangkan stres ataupun pusing dengan pekerjaan yang menumpuk. Selebihnya, kopi memiliki manfaat yang beragam, tentu dengan meminumnya dengan cara yang benar. Ya, jadi kali ini kita akan jelasin apa yang sering salah dalam memperlakukan kopi sekaligus membuktikan mitos-mitos yang salah.

Seringkali kita dihadapkan pada pernyataan-pernyataan yang belum tentu benar tentang gimana cara memperlakukan kopi. Biasanya muncul dari selentingan teman, lalu bagaimana cara kita menghadapinya? Berikut adalah jawaban Benjamin Fankey dari The Missing Bean Roastery.

Katanya sih…

Ada yang beberapa bilang ketika ketel uap sudah berbunyi dan sudah masak, lalu kita tuang airnya untuk menyeduh kopi, maka kopi itu akan hilang aromanya karena interaksi air yang sangat panas dengan kopi.

Coba ini…

Kenyataannya adalah orang yang mengerti kopi akan merebus air hingga 89 derajat Celsius bukan sampai mendidih 100 derajat Celsius, malah terkadang ada yang di bawah suhu tersebut. Lagi pula, siapa yang ingin minum kopi dengan suhu air 100 derajat Celsius?

Katanya sih…

Mau pakai mesin kopi apapun atau secanggih apapun seorang barista dalam membuat kopi, rasa kopi yang dihasilkan akan tetap pahit, bagaimanapun cara kamu membuatnya.

Coba ini…

Sebuah mesin kopi akan maksimal jika penggunaan serta perawatannya benar. Jika kamu memiliki waktu, bersihkanlah sisa-sisa kopi yang menempel pada mesin-mesin kopi. Sisa-sisa kopi yang menempel itu yang akan membuat kopi lebih pahit. Jadi bersihkanlah secara rutin mesin kopimu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Katanya sih…

Kamu bebas menyimpan kopi, di freezer atau di toples yang setengah terbuka, kopi itu akan tetap fresh.

Coba ini…

Aneh banget kalau kamu membeli kopi dan berencana untuk menyimpannya di freezer. Kondensasi yang dihasilkan freezer akan membuat kopi menjadi lembap dan menghilangkan aroma dari kopi itu sendiri. Jadi, simpan kopi di dalam toples yang rapat, hampa udara, untuk menjaga kualitas dari biji kopi tersebut.

Katanya sih…

Kopi akan kehilangan minyak dan aromanya menguap lima menit setelah kamu menggilingnya menjadi bubuk. Membeli kopi bubuk baik untuk dompet tapi tidak untuk rasa kopimu.

Coba ini…

Kamu tidak perlu repot-repot membeli mesin kopi mahal untuk menikmati ground coffee. Handy grinder dengan harga yang jauh lebih murah bisa menjadi pilihanmu. Maka, faktor diri sendiri akan menentukan rasa dari kopi tersebut.

Katanya sih…

Beberapa orang bilang minum kopi setelah jam dua siang akan mengganggu tidurmu, karena jumlah kafein dalam kopi bervariasi, tergantung jenis kopinya.

Coba ini…

Tidak semua kopi memiliki kandungan yang sama. Untuk pagi hari, kamu bisa pilih kopi dengan profil dark roasted. Kopi ini bisa membantumu untuk keluar dari rasa pengap. Menuju malam, kamu sebaiknya pilih kopi light roasted dengan kandungan kafein yang lebih sedikit, sehingga tidur malammu tidak terganggu.

Katanya sih…

Tidak tahu perbedaan antara kopi Kolombia dan kopi Bolivia? Tajam, asam, atau netral? Memilih rasa kopi favorit itu nggak hanya sekadar mencicipi satu dua cangkir saja. Intinya, jumlah flavor yang ada di dalam kopi itu 21 kali lebih banyak dari jumlah flavor yang ada di dalam wine.

Coba ini…

Mayoritas orang menyukai kopi dengan body yang smooth, tingkat keasaman yang rendah, dan rasa cokelat, kacang, juga cherry.

Gunakan chart di bawah untuk mengeksplorasi jenis kopi dan rasa serta aroma yang tersedia. Kamu bisa sesuaikan kesukaanmu sebelum membeli kopi di kedai kopimu.

coffee-chart

Sumber: http://kopikeliling.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s